TNI Membangun Desa

TNI Manunggal Membangun Desa rakyat Foto: TNI membangun jalan desa di Pekalongan (Daengpattiroi)

Jakarta - Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat Kembali meluncurkan program  program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD). Program TMMD ke-99, ini melibatkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Lembaga Pemerintah non Kementerian dan Pemerintah Daerah.

Program ini sendiri digelar sejak Juli 2017 dengan sasaran membantu masyarakat di perdesaan meliputi perbaikan jalan, renovasi Masijid, dan renovasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), pembangunan Mandi Cuci Kakus (MCK) dan sejumlah kegiatan non fisik lainnya.

Sedangkan untuk kegiatan non fisik  meliputi penyuluhan wawasan kebangsaan dan bela negara; penyuluhan kesehatan; KB; dan penyuluhan bahaya narkoba. Selain itu, Kamtibmas, Penghijauan dengan menanam ribuan pohon, bhakti sosial, sunatan massal, dan pembagian sembako.

Program TMMD masih sangat dibutuhkan oleh masyarakat, karena sebagian besar wilayah Indonesia merupakan daerah pedesaan, daerah tertinggal, terpencil dan terisolir.

Slogan TNI yang dikenal  dengan “dari rakyat dan untuk rakyat” memiliki arti kemanunggalan antara TNI dan rakyat harus selalu terjalin.  Karena itu, jika TNI bersama rakyat akan kuat, sehingga secara otomatis antara TNI dan rakyat akan saling membutuhkan.