Pergantian Malam Tahun Baru 2021

Satlantas Polres Metro Depok Himbau Masyarakat Tidak Ke Luar Rumah

KompolAndiMuhammadIndraWaspada Foto: Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Metro Depok, Kompol Andi Muhamad Indra Waspada

Depok-Dalam mengantisipasi pergantian malam tahun baru 2021, Satuan Lalu Lintas Polres Metro Depok menghimbau kepada masyarakat agar tetap berada di rumah masing-masing.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Metro Depok, Kompol Andi Muhamad Indra Waspada menyampaikan, masyarakat Depok agar tidak keluar dari rumah, karena bisa menimbulkan keramaian.

Hal ini bertujuan menekan penyebaran dan memutus mata rantai penyebaran Virus Covid-19.

“Saya menghimbau agar masyarakat saat malam pergantian tahun baru 2021 di rumah saja dan tidak melaksanakan aktivitas di luar rumah, “ujarnya dalam pesan tertulis yang diterima indonesiareports.com (30/12)

Andi berharap, masyarakat bisa membantu meringankan tugas Satlantas Depok dalam mengantisipasi adanya kerumunan warga.

Termasuk tidak ikut serta meramaikan lalu lintas di jalan raya baik itu lewat konvoi kenderaan maupun kenderaan pribadi.

Beberapa himbauan Satlantas Depok yakni; satu, dilarang menggelar acara atau kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan.

Dua, dilarang kebut-kebutan dan mengadakan giat konvoi di jalanan.

Dan ketiga, masyarakat harus tetap mematuhi Prokes Covid-19 dengan 3 M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak).

Hal ini sesuai dengan Surat Edaran dari Walikota Depok Nomor: 443/605-Huk/Satgas Tentang Kegiatan Masyarakat pada Malam Pergantian Tahun Baru 2020-2021 Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Kota Depok.

Tertib Berlalu Lintas

Namun demikian, Andi menambahkan, pihaknya tetap mengantisipasi pergantian malam pergantian tahun baru 2021 dengan mengerahkan 72 personil Satlantas.

Hal ini untuk menjaga ketertiban berlalu lintas sesuai dengan UU No 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

“Kami mengajak masyarakat agar tetap tertib berlalu lintas dan mematuhi protokol kesehatan (Prokes),” katanya.

Personil Satlantas Depok ditempatkan di beberapa lokasi ploting di area jalur protokol seperti di Jalan Komjen Pol M Jasin; Kolong Fly over Universitas Indonesia; Turn Toyota; dan persimpangan Jalan Ir H Djuanda. 

Selain itu, persimpangan Pesona Khayangan; Uturn LBC; Simpang Pos PLN; dan Simpang Ramanda.

Bukan hanya itu, personil juga ditempatkan di lokasi ploting lainnya berupa area jalur pemukiman dan jalur perlintasan arus lalu lintas yang padat.

Seperti di TL Siliwangi, Simpang Grand Depok City, Pospol Tirta Jaya, Taman Bunga Wiladatika, dan Pos MC Donald Cibubur.

Pusat perbelanjaan juga tidak luput dari pengawasan Satlantas Polres Metro Depok.

Seperti di Detos, D/Mall, ITC Depok, Margo City, TSM Cibubur, Pesona Square Depok, dan Ciplaz Ramayana.

Upaya lain yang akan dilakukan Satlantas Depok yakni, pergelaran personil di titik-titik trouble spot; kegiatan patroli tim pemburu Covid-19 pada malam pergantian tahun baru; dan memaksimalkan Tim Cendrawasih yang terdiri atas regu Polwan Satlantas Polres Metro Depok.

Kemudian, sosialisasi menggunakan media Medsos dalam menyampaikan pesan Prokes Covid-19 dan penempatan mobil patroli dan motor BM di titik rawan macet.  

   
BACA JUGA :