Kemendag Pacu Ekspor Kayu Ringan Kalteng

Marolop Foto: Direktur Kerja Sama Pengembangan Ekspor Nasional, Marolop Nainggolan (paling kanan mengenakan kemeja batik) saat penyelenggaraan business matching yang diikuti oleh perusahaan yang tergabung dalam Indonesia Light Wood Association (ILWA) dan 25 petani sengon binaan Fairventures Worldwide di Palangkaraya (16/10)

Palangkaraya–Kementerian Perdagangan melalui Direktorat Kerja Sama Pengembangan Ekspor memacu kinerja ekspor Indonesia melalui produk kayu sengon Kalimantan Tengah.

Langkah ekspor kayu ringan, ini lewat business matching dengan mempertemukan para petani kayu sengon dengan industri kayu ringan Indonesia.

Business matching tersebut diselenggarakan di Palangkaraya, yang diikuti oleh perusahaan yang tergabung dalam Indonesia Light Wood Association (ILWA) dan 25 petani sengon binaan Fairventures Worldwide.
 
Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional, Didi Sumedi di tempat terpisah menyampaikan, kebutuhan material kayu di pasar global terus meningkat seiring dengan pertumbuhan populasi manusia. Pada tahun 2019, kebutuhan kayu dunia mencapai nilai 2,1 triliun USD per tahun.

“Indonesia sebagai salah satu lumbung kayu terbesar di dunia harus dapat  menguasai pasar ini salah satunya dengan memasok kayu ringan secara kontinyu yang sejalan dengan kecenderungan permintaan konsumen yang menginginkan material ringan, fleksibel dalam pengaplikasiannya, dan yang terpenting ramah lingkungan,”Ujar Didi.
 
Hal senada juga disampaikan oleh Direktur Kerja Sama Pengembangan Ekspor Nasional, Marolop Nainggolan. Ia menyampaikan bahwa Business matching ini bertujuan mempertemukan petani sengon Palangkaraya sebagai supplier dan industri dalam negeri sebagai offtaker.

“Ketika petani panen raya perdana sengon pada tahun 2022 telah ada mekanisme rantai pasok yang terbentuk dan menguntungkan kedua pihak,” ujar Marolop.

Hal ini penting untuk memastikan bahwa program pelestarian alam berkontribusi terhadap kegiatan perdagangan sehingga ke depannya akan terus berkelanjutan.
 
Kegiatan business matching, ini sambung Marolop merupakan rangkaian dari program pengembangan ekspor kayu ringan yang telah dilaksanakan oleh Kementerian Perdagangan dengan berbagai pihak sejak 2014.

“Ini merupakan hasil konkret dari the 6th Indonesian Lightwood Cooperation Forum (ILCF) yang dilakukan pada tanggal 1 November 2021 di sela penyelenggaraan pameran Trade Expo Indonesia,” katanya.

Membangun Rantai Pasok

ILWA merupakan asosiasi yang beranggotakan lebih dari 150 perusahaan kayu ringan Indonesia. Sedangkan Fairventures Worldwide adalah organisasi non-profit asal Jerman yang bergerak di bidang lingkungan hidup dan merupakan pengelola Program Penanaman 100 Juta Pohon di Kalimantan Tengah sejak tahun 2014.

Pada event tersebut dilakukan penandatanganan Letter of Intent (LoI) antara Fairventures Worldwide dengan ILWA sebagai bentuk komitmen kedua belah pihak dalam membangun rantai nilai kayu ringan khususnya di Kalimantan Tengah.

Fairventures Worldwide menjalin kemitraan dengan masyarakat dan petani kecil Kalimantan Tengah untuk memanfaatkan lahan kosong melalui penanaman pohon jenis cepat tumbuh seperti Sengon yang dapat menjadi alternatif pendapatan bagi masyarakat lokal sekaligus berkontribusi terhadap pelestarian alam.

Fairventures juga memanfaatkan teknologi informasi dengan membuat aplikasi TREEO guna melakukan pengawasan dan pemeliharaan tanaman kebun sengon.

Aplikasi tersebut juga bisa digunakan oleh petani untuk menghitung nilai ekonomis setiap pohon yang ditanam agar petani dapat menentukan waktu terbaik untuk melakukan pemanenan pohon.

Indonesia memiliki reputasi yang baik dalam hal ekspor kayu yang sudah dilakukan sejak dahulu, khususnya dengan adanya Sistem Verifikasi Legalitas Kayu (SVLK) yang akan dilengkapi dengan keberlanjutan.

Kayu sengon yang merupakan kayu hasil tanaman telah memenuhi kaedah keberlanjutan dan sesuai dengan tren pasar internasional saat ini.

Pada 2020 ekspor kayu ringan Indonesia mencapai US$1,74 miliar dengan pasar tujuan utama adalah Jepang, Amerika Serikat, Republik Korea, Saudi Arabia, dan Taiwan. Produk ekspor utama kayu ringan adalah barecore, blockboard, dan plywood.