Masih Berlangsungnya Penyidikan Penyebab Aisyah Belum Bisa Ditemui

Kim Jong Nam Siti Aisyah  Dubes Malaysia untuk Indonesia Zahrain Mohamed Hashim Foto: Salah satu foto Siti Aisyah yang diunggah ke akun Facebooknya.

Jakarta - Tersangka kasus pembunuhan Kim Jong Nam Siti Aisyah, belum bisa ditemui KBRI Kuala Lumpur ataupun pengacara sampai saat ini. Dubes Malaysia untuk Indonesia Zahrain Mohamed Hashim menjelaskan berdasarkan aturan di Malaysia, seorang tersangka belum bisa ditemui jika proses penyidikan masih berjalan.

"Persiasatan (penyidikan) masih berjalan. Berdasarkan aturan yang ada di Malaysia, seorang tersangka belum bisa mendapatkan tamu sampai dinyatakan bisa," kata Zahrain dalam konferensi pers di kantornya, Jl Rasuna Said, Jakarta.

Ia  meminta aturan yang ada di Malaysia tersebut bisa dihormati. Namun, di sisi lain, dia tetap berupaya meneruskan permintaan pemerintah Indonesia untuk bisa mendampingi Aisyah.

"Kita meneruskan kehendak Kemlu atas request Menlu untuk menyampaikan ke Police Malaysia agar bisa mendampingi. Kita sampaikan. Namun polisi masih bekerja. She is suspect, because investigation is still going on, apa itu, tak dapat terima tamu untill investigated," ujar Zahrain.

Menurut Zahrain, saat ini yang penting adalah mengenai kondisi Aisyah. Dia memastikan Aisyah di tahanan dalam kondisi baik.

"Keselamatan Siti Aisyah terjamin, itu yang penting. Ini demi keselamatan dan kebijakan Aisyah," ujar Zahrain.

Siti Aisyah ditetapkan sebagai tersangka pembunuhan Kim Jong Nam, kakak tiri dari Kim Jong Un, pemimpin Korea Utara. Keluarga menyebut Siti Aisyah diperdaya dengan modus mengikuti acara untuk mengisengi orang.