Seleksi Paskibraka Nasional

Provinsi Hanya Boleh Kirim Satu Pasang Calon

paskibraka kemenpora 17 agustus Foto: Pasukan Paskibraka Nasional pada HUT RI ke-71 di Istana Merdeka 2016.

Jakarta - Menyongsong HUT ke-72 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 2017, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) kembali menggelar pemusatan latihan petugas penaikan dan penurunan bendera pusaka.
 
Pemusatan pendidikan dan pelatihan (Pusdiklat) Paskibraka nasional ini akan digelar di PPPON, Jalan Jambore Raya, Cibubur, Jakarta Timur.
 
Plt Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora, Jonni Mardizal mengatakan kegiatan seleksi Paskibraka nasional tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, dimana setiap perwakilan provinsi menyertakan dua pasang calon (dua orang putra dan dua orang putri).
 
Tetapi tahun ini, Kemenpora hanya menerima satu pasang calon (satu putra dan satu putri) dari setiap provinsi.
 
“Provinsi tetap menyiapkan cadangan untuk mengantisipasi jika ada peserta terpilih tidak bisa mengikuti kegiatan hingga pelaksanaannya nanti,” kata Jonny di kantor Kemenpora, Jakarta, Kamis (6/7).
 
Pelaksanaan pendidikan dan pelatihan akan dimulai pada 25 Juli, bulan ini. mengenai persyaratan tahun ini tetap sama dengan tahun sebelumnya dimana setiap calon Paskibraka berkewarganegraan Indonesia.
 
Selain itu sehat jasmani dan rohani, tidak buta warna, dan memiliki tinggi dan berat badan yang ideal.
 
“Jadi tinggi dan berat badan itu harus proporsional. Ada standarnya itu,” terang Jonny.
 
Persyaratan calon peserta seleksi diminta dari tingkat kelas 10 (kelas satu SMA sederajat). Dengan demikian pada saat pelaksanaan mereka sudah menginjak kelas 11 (kelas dua SMA sederajat). Kemudian, mereka belum pernah bertugas sebagai Paskibraka di segala tingkatan.
 
“Kalau sudah pernah di tingkat kabupaten/kota dan provinsi akan dianulir,” imbuhnya.
 
Pelaksanaan pusdiklat seluruh peserta akan dikukuhkan oleh Presiden Jokowi dalam upacara resmi di istana negara.
 
“Usai menjalankan tugas di Istana Negara, seluruh peserta akan ke beberapa instansi pemerintah dan swasta. Setelah itu diadakan apel kebangsaan yang akan diikuti oleh Paskibraka nasional dan daerah dengan target 2000 orang peserta pada 23 Agustus 2017 di Lapangan Jambore Cibubur,” Kata Jonni.
 
Tujuan Apel kebangsaan ini untuk meningkatkan nasionalisme dan cinta tanah air kepada seluruh peserta Paskibraka.
 
“Hal tersebut dalam rangka meningkatkan kecintaan kepada NKRI bagi kalangan pemuda demi menjaga keutuhan NKRI,” tutupnya.