Menyongsong HUT RI Ke-72, Hippindo Beri Diskon Hingga 72 Persen

Hippindo Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita pasar Foto: Ketum Hippindo, Budihardjo I (dua dari kanan); Mendag, Enggartiasto Lukita bersama Ketua Penasehat Hippindo, Marie Elka Pangestu (tengah); Ketua Panitia HBD, Fetty Kwartati (empat dari kiri)/Daeng Pattiroy

Jakarta - Menyongsong HUT ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia, Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) akan menyelenggarakan pesta belanja diskon di seluruh Indonesia.

Pesta belanja, ini diberi nama Hari Belanja Diskon Indonesia (HBD Indonesia-red) yang digelar serentak mulai 17 Agustus hingga 20 Agustus.

Ketua Umum Hippindo, Budiharjo Iduansjah menyampaikan, Hippindo memberikan kerja nyata tepat di hari kemerdekaan.

“Situasi dan timing yang tepat, mari kita berbuat kerja nyata untuk Indonesia,” ujarnya di Auditorium Kementerian Perdagangan RI, Senin (17/7).

Pesta belanja ini akan digelar di pusat-pusat perbelanjaan di berbagai kota di Indonesia. Mulai dari toko modern, ruko, hingga bandara.

“HBD Indonesia akan menciptakan tren belanja baru Agusutus nanti. Jika sebelumnya diperkirakan belanja konsumen menurun setelah Lebaran, kini tidak lagi demikian,” kata Budiharjo.
 
Sementara itu, Ketua Panitia HBD Indonesia, Fetty Kwartati mengatakan, pihaknya menargetkan HBD menjadi festival belanja terbesar di Indonesia yang memberikan diskon dari 27% hingga 72 %.

Selain belanja pakaian, Hippindo juga menyuguhkan pergelaran kuliner, musik, dan hiburan retail yang akan diikuti lebih dari 200 perusahaan yang mengelola 500 merek lokal dan internasional.

“HBD juga melibatkan partisipasi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) sebagai wujud dukungan kami terhadap UKM,” katanya.

Festival belanja ini tidak hanya ditujukan untuk masyarakat Indonesia, tetapi diharapkan dapat menarik wisatawan mancanegara dan masuk dalam agenda tahunan pariwisata Indonesia.
 
Pergelaran pesta belanja ini mendapat apresiasi dari Kementerian Perdagangan RI.

Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita menyampaikan, perkiraan tren penjualan yang cenderung menurun Agustus, ini sangat membutuhkan strategi inovatif dan kreatif dalam mengantisipasi perubahan.

ilustrasi : Suasana masyarakat belanja di salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta.

“Kita harus menyesuaikan diri dengan perkembangan dimana semua orang diperlukan untuk hangout. Ini hadiah kemerdekaan bagi masyarakat bahwa pengusaha bisa mengurangi sebagaian besar dari keuntungannya lewat diskon besar-besaran,” katanya.

Langkah ini sebagai upaya pengusaha dalam mendekatkan diri kepada pasar. Karena, baru pertama kali dalam sejarah secara serentak pemberian diskon di seluruh Indonesia.

“Biasanya diskon hanya satu malam di Jakarta, tetapi ini serentak seluruh Indonesia.  Ini yang kami berikan apresiasi,” imbuh Enggar.

Sebelumnya banyak kalangan yang menyatakan terjadi penurunan daya beli masyarakat terhadap penjualan offline.

Namun di balik itu, ada juga yang mengatakan bahwa peningkatan penjualan online meningkat tajam sekitar 25% sampai dengan 50%.

Sementara itu, untuk menarik pengunjung Hippindo mengemas festival belanja dalam tajuk Happy Birthday Indonesia Festival  yang akan digelar di Gambir Expo dan JIE Expo, Kemayoran, Jakarta, 15 Agustus hingga 27 Agustus.

Acara ini dimeriahkan oleh Jember Fashion Carnaval (JFC) sebagai salah satu pergelaran fashion terbaik di Asia.