Sertijab Karutan Depok, Bawono Ika Sutomo : Saya Mohon Dukungan dan Bimbingan

karutan depok Foto: Serah terima jabatan Karutan Depok, Jawa Barat.

Depok - Kepala Rumah Tahanan (Karutan) Kelas IIB Depok, Sohibur Rachman menyerahkan jabatannya kepada Bawono Ika Sutomo, selaku Karutan Depok yang baru. Penyerahan disaksikan Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Barat, Krismono.
 
Bawono Ika Sutomo, sebelumnya menjabat sebagai Karutan Kelas IIA Pekalongan dan Pelaksana Tugas (Plt) Kalapas Pekalongan, sedangkan Sohibur Rachman mengemban tugas sebagai Kalapas Kelas IIB Kota Agung, Lampung.
 
Dalam sambutannya, Sohibur mengucapkan terimakasih kepada para pejabat struktural dan pegawai Rutan Depok yang selama ini telah membantu dirinya dalam menjalankan tugas sebagai kepala rutan.
 
“Terus jaga kekompakan, karena dengan kebersamaan tidak ada yang tidak bisa kita perbuat. Atas nama pribadi dan keluarga, saya juga mohon maaf atas segala kesalahan dan kekurangan,” ucapnya di Rutan Kelas IIB Depok, Selasa (4/9).
 
Pria yang telah bertugas selama 3 tahun 6 bulan 4 hari di Rutan Depok ini juga menceritakan banyak hal yang telah dilalui dirinya selama memimpin Rutan Depok. Terutama ketika awal mula bertugas di Rutan Depok yang semula hanya dijaga oleh 13 petugas dengan 4 pejabat termasuk dirinya.
 
“Dari tahun 2015 perjalanan kita, Rutan ini masih kosong, belum ada penghuni dan kami kebetulan menjadi nahkoda pertama disini. Memang memulainya tidak mudah, namun seiring berjalannya waktu dan Alhamdullilah berkat kerjasama yang baik dari TNI/Polri dan unsur masyarakat lain yang mendukung, semua itu dapat kita lalui dengan baik. Ini apresiasi yang luar biasa. Sekarang penghuni warga binaan disini sekitar 1191 orang,” ujarnya.
Kalapas Kelas IIB Kota Agung Sohibur Rachman, Walikota Depok Muhammad Idris, Kadiv Pemasyarakatan Kemenkumham Jabar Krismono dan Karutan Kelas IIB Depok Bawono Ika Sutomo.
 
Sementara itu, Bawono Ika Sutomo mengungkapkan dirinya membutuhkan dukungan dan bimbingan agar dapat membawa Rutan Kelas IIB Depok menjadi lebih baik lagi.
 
“Pada kesempatan yang baik ini, tentunya dalam melaksanakan tugas di Rutan Depok, saya mohon dukungan, bimbingan serta arahan dari Bapak Kepala Kantor Wilayah, Bapak Kepala Divisi Pemasyarakatan dan Bapak Kepala Divisi Administrasi. Karena tanpa bimbingan dan arahan beliau kita bisa seperti kehilangan induk nantinya. Tidak lupa juga kepada Bapak Walikota Depok, unsur TNI/Polri dan instansi lainnya, kami mohon dukungan dan kerjasama untuk menjadikan Rutan Depok ini lebih baik lagi,” ujarnya.
 
Pria yang lahir di Pulau Nusa Kambangan tahun 1976 ini juga membutuhkan dukungan dari pejabat struktural dan seluruh jajaran di Rutan Kelas IIB Depok untuk tetap bersinergi.
 
“Membangun ataupun meningkatkan integritas dan komitmen kita. Marilah kita berkerja dengan semangat, dengan tata nilai pasti, profesional, akuntable, sinergi dan transparan,” kata Ayah dari 4 orang putri ini.
 
Mengenai apa yang akan dilakukan dirinya dalam memimpin Rutan Kelas IIB Depok kedepannya, Bawono mempunyai visi misi untuk mempertahankan apa yang sudah dilakukan karutan yang lama.
 
“Apa yang sudah dilakukan Pak Sohibur memang luar biasa. Program-program dan kegiatan yang beliau lakukan itu sejalan dengan semangat perubahan dari Pemasyarakatan. Dengan semangat itu kita mempunyai visi misi yang sangat besar untuk mempertahankan yang sudah dilakukan. Terutama berkaitan hubungan dengan instansi terkait, karena dalam rangka melakukan pembinaan terhadap narapidana itu tidak hanya terlepas dari kita saja, tapi butuh dukungan dari stakeholder instansi terkait kita,” jelasnya.
 
Secara internal, sambungnya kita tetap membangun karakter warga binaan.
 
“Karena prinsip tujuan dari pemasyarakatan adalah pertama dia menyadari kesalahannya, kedua dia tidak mengulangi kembali, ketiga dia mampu mengembangkan diri atau melatih dirinya sendiri supaya nanti setelah keluar dia bisa bermanfaat bagi dirinya dan keluarga, syukur-syukur bisa bermanfaat untuk masyarakat dan bangsa. Bahasa itu semua tujuan ini adalah konsep semua," urainya.
 
Kita harus implementasikan dalam bentuk-bentuk kegiatan. Kegiatan apa yang bisa menyadarkan, membentuk dirinya, melatih dirinya agar mempunyai keahlian dan ketika di luar dia sudah mempunyai keahlian sehingga tidak bergabung lagi dengan teman-temannya yang negatif.
 
"Ini yang harus kita bentuk dan konsep saya basic-nya disitu. Kita memberikan pelayanan terhadap mereka bukan hanya output-nya saja, tapi manfaatnya harus kita berikan supaya mereka mendapatkan manfaat dari apa yang sudah kita lakukan, yang sudah dia terima,” kata Karutan Kelas IIB Depok, Bawono Ika Sutomo.
 
Dalam acara serah terima jabatan ini dihadiri di antaranya Walikota Depok Muhammad Idris, Unsur Polres Depok, Unsur TNI dari Kostrad Depok, Imigrasi Kota Depok, BNN Kota Depok, Kajari Kota Depok dan Yayasan Attaubah.