BNPB Segera Bangun 9 ribu unit rumah di NTB

Pelaksana tugas Deputi Bidang Penanganan Darurat BNPB Yolak Dalimunthe Foto: Depan, kedua dari kiri memakai kaos panjang PDL, Pelaksana tugas Deputi Bidang Penanganan Darurat BNPB Yolak Dalimunthe

Tanjung-Badan Nasional Penanggulangan Bencana ( BNPB) akan mempercepat perbaikan rumah pascagempa Lombok, Nusa Tenggara Barat. 
 
Berdasarkan laporan Tim Penanganan Darurat BNPB menyebutkan bahwa, hampir 230 ribuan rumah dalam kondisi rusak parah di NTB. Dari jumlah, ini BNPB akan  membangun kembali sebanyak sembilan ribuan unit rumah dan 1600 an rumah yang sudah di bongkar juga akan dibangun kembali.
 
Pelaksana tugas Deputi Bidang Penanganan Darurat BNPB, Yolak Dalimunthe menyampaikan dalam pesan tertulisnya, hampir 230 ribuan rumah di enam kabupaten dan satu kota perlu segera direhabilitasi. 
 
Rehabilitasi rumah, ini meliputi Kabupaten Lombok Utara, Lombok Barat, Lombok Timur, Lombok Tengah, Sumbawa, Sumbawa Barat, dan Kota Mataram. 
 
 “Rumah ini kondisinya hancur, sekarang tahap darurat pemulihan,” Kata yolak dalam pesan tertulisnya. 
 
Pembangunan kembali rumah warga pascagempa, ini melibatkan BPBD se Indonesia dan juga dukungan dari bupati. 
 
Sementara itu, penanganan darurat masih terus dilakukan. Pembersihan puing masih dilakukan di beberapa daerah terdampak. Termasuk permintaan warga secara door to door yang dilayani untuk melaksanakan pembersihan.
 
Sambil menunggu proses rehabilitasi rumah warga, BNPB menyiapkan kebutuhan-kebutuhan yang mendesak seperti logistik, makanan, air bersih, MCK, sanitasi, layanan kesehatan, dan hunian sementara dari terpal. 

   
BACA JUGA :