Sambodo: Polda Metro Jaya Antisipasi Lonjakan Lalu Lintas Liburan Imlek

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo. Foto: Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo.

Jakarta-Untuk mengantisipasi lonjakan  lalu lintas libur panjang Imlek, 12 Februari 2021, Polda Metri Jaya telah menyiapkan sejumlah pos keamanan. Pos tersebut akan berada di beberapa titik sepanjang ruas Tol Jakarta-Cikampek.  

"Kami jajaran Metro Jaya telah mempersiapkan sejumlah pos pos keamanan antara lain Kilometer 10, Kilometer 19 rest area, dan Kilometer 29, Kilometer 10 untuk antisipasi jika terjadi kecelakaan atau kemacetan di atas bisa dilakukan buka tutup," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo.

Khusus Pos di Kilometer 29, digunakan untuk antisipasi bila diperlukan adanya contraflow. Baik itu yang ke arah timur maupun timur ke arah barat dan di rest area ini akan diadakan swab antigen drive-thru secara gratis. 

Sambodo melanjutkan, Polda Metro juga telah mempersiapkan layanan rapid test antigen gratis. Rapid test antigen gratis itu disediakan sebanyak 100-200 per hari. "Jadi bagi masyarakat yang membutuhkan swab antigen, mulai hari ini,Kamis siang selama 4 hari Jumat, Sabtu, Minggu. Kita akan laksanakan swab antigen drive-thru. Drive-thru artinya masyarakat tidak perlu turun dari kendaraan," ujar Sambodo.

Untuk mengatasi arus lalu lintas saat libur panjang Imlek ini, petugas lalu lintas juga disiagakan di tiap klenteng atau vihara. Total petugas yang disiapkan untuk turun saat Imlek nanti sebanyak 350 personel.

"Untuk yang arus liburan Imlek, untuk kegiatan keagamaan sendiri, kita sudah mendata klenteng klenteng vihara yang biasanya dijadikan tempat-tempat perayaan agama. Itu juga akan ditempatkan juga anggota untuk melaksanakan pengaturan-pengaturan lalu lintas di lokasi. Dan untuk semuanya ini total ada 350 personel sudah kita siapkan," pungkas dia.