Kapolres Metro Jakarta Selatan, Kombes Pol Azis Andriansyah

Bentrok di Pancoran, Diduga Ada Pihak Luar Memprovokasi

Kapolres Metro Jakarta Selatan, Kombes Pol Azis Andriansyah Foto: Kapolres Metro Jakarta Selatan, Kombes Pol Azis Andriansyah

Jakarta-Bentrokan antara dua kelompok massa di Jalan Pasar Minggu Raya, Jakarta Selatan pada Kamis (18/3/2021) dini hari ditunggangi oleh pihak-pihak di luar sengketa tanah di Jalan Pancoran Buntu II. 

Sebelumnya, upaya mediasi antara kelompok yang bersengketa yaitu warga Jalan Pancoran Buntu II dan Pertamina telah dilakukan. “Sebenarnya telah dilakukan upaya-upaya mediasi kedua belah pihak sama-sama menjaga situasi kamtibmas. Namun pada malam hari, bukan pihak-pihak yang bersengketa namun ada pihak-pihak luar yang menunggangi masing-masing kelompok,” kata Kapolres Metro Jakarta Selatan, Kombes Pol Azis Andriansyah. 

Azis melanjutkan, bentrokan malam itu terkait sengketa tanah yang terjadi beberapa waktu lalu. Adanya pihak-pihak luar yang mempropokasi masalah persengketaan tanah yang menimbulkan bentrokan. “Baik dari pihak warga maupun dari pihak yang diduga dari pihak satunya (Pertamina) juga mendatangkan massa dari luar orang yang bersengketa. Ini (massa dari luar yang bersengketa) yang menimbulkan kericuhan dan bentrokan. Sementara itu ya,” ujar Azis. 

Azis mengatakan, pihak kepolisian telah menginisiasi mediasi antara warga Pancoran Buntu II dan pihak Pertamina di Polsek Pancoran pada Rabu (17/8/2021) pagi. Pertemuan berlangsung selama tiga jam. “Pihak kepolisian menginisiasi pertemuan antara Warga Pancoran Buntu dengan pihak Pertamina, agar kedua belah pihak menahan diri dan menjaga situasi tetap kondusif,” ujar Azis. Sekitar pukul 16.00 WIB, Azis menambahkan ada pihak luar yang datang ke lokasi dan melakukan aksi unjuk rasa hingga menutup jalan. Pihak kepolisian kemudian mengimbau agar tak mengganggu ketertiban.