Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Kombes Auliansyah Lubis

Lakukan Swab Bagi Warga Pemudik Untuk Menekan Penularan Covid-19

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Kombes Auliansyah Lubis Foto: Kombes Pol Auliansyah Lubis (kanan) menyaksikan proses tes usap antigen gratis untuk warga Kalibata, Jakarta Selatan. (Foto ANTARA/HO-Polda Metro Jaya)

Jakarta-Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Pold Metro Jaya (PMJ) melakukan swab antigen bagi warga yang pulang dari kampung. Swab ini dilakukan dalam rangka tindak lanjut dari Kapolda Metro Jaya Irjen Pol DR Fadil Imran, dimana polisi diminta melalui binaan Kampung Tangguh Jaya untuk melakukan 3T (Tracing, Testing, dan Treatment) sebagai antisipasi penularan Covid-19, 

“Swab antigen jemput bola kami lakukan bagi warga yang pulang dari kampung kembali ke Jakarta. Langkah ini kami lakukan untuk menekan penularan virus corona dan juga merupakan arahan dari Bapak Kapolda Metro Jaya,” kata Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Kombes Auliansyah Lubis.  

Auliansyah melanjutkan,  ada lima area wilayah setingkat RW masuk dalam program Kampung Tangguh Jaya (KTJ) yang dilakukan pengawasan langsung oleh Direskrimsus Polda Metro Jaya, selain KTJ wilayah Kalibata, ada juga KTJ di Kecamatan Pancoran, KTJ Lenteng Agung, KTJ Pela Mampang, dan KTJ Pesanggrahan. 

Swab antigen bagi warga usai  liburan lebaran ini dilakukan secara gratis dan tanpa dipungut biaya. 

Dari pemantauan, sebanyak 50 hingga 70 warga yang mudik telah dilakukan swab antigen. Hasilnya, hingga saat ini belum ditemukan ada warga pulang mudik reaktif COVID-19. “Dari jumlah itu kami belum dapat laporan yang positif,” ungkap Auliansyah. Lulusan Akpol 1994 ini menambahkan, warga yang pulang mudik ada yang juga menyertakan surat bebas COVID-19 sekembalinya dari kampung ke Jakarta.