Tidak Ada yang Istimewa, Semua Sama di Mata Hukum

Suroyo Foto: Much. Suroyo, S.H., Kepala Kejaksaan Negeri Tapanuli Utara

Tarutung-Tidak ada skat dan kasta, semua masyarakat mendapat perlakuan hukum yang sama.

Kejaksaan Negeri Tapanuli Utara dibawah komando Much. Suroyo, SH, sangat mendukung program Kejaksaan Tinggi sumatera Utara menuju Zona Integritas WBK-WBBM, walaupun pihaknya tidak masuk dalam usulan kejaksaan negeri yang diajukan.

Kejari  Taput sendiri saat ini fokus pada upaya kejaksaan dalam memberikan layanan prima kepada masyarakat.

Tentunya ini sejalan dengan visi kejaksaan agung yakni menjadikan kejaksaan sebagai lembaga penegak hukum yang bersih, efektif, efisien, transparan, akuntabel, untuk dapat memberikan pelayanan prima dalam mewujudkan supremasi hukum secara profesional, proporsional dan bermartabat yang berlandaskan keadilan, kebenaran, serta nilai-nilai kepatutan.

“Dalam pelayanan hukum, kami tidak memandang skat, kasta dan sebagainya, bagi siapa saja mayarakat yang ingin dilayani kami siap layani. Tak ada keistimewaan bagi pihak tertentu, sama semua dimata hukum” tegas Much. Suroyo.

Selain itu, Ia juga menyampaikan, pihaknya saat ini sudah melakukan banyak terobosan, baik itu dalam pelayanan perkara maupun aduan masyarakat.

Tak lupa, derngan hadirnya jaksa menyapa ditengah-tengah masyarakat Taput dalam penerangan hukum, banyak masyarakat kini yanv sadar akan hukum.

Khusus untuk penanganan kasus pidana ringan, Kejari Taput selalu berusaha menerapkan Restorative Justice.

"Pelaksanaan Restorative Justice di Kejari Taput saan kami lakukan dengan cara memanggil korban, pelaku, serta rekan-rekan yang berusaha mendamaikan perkara yang terjadi,” kata Much. Suroyo.

Karena itu, Kejari Taput melakukan sinergi baik terhadap aparat kepolisian maupun Pemkab Taput. Untuk kepolisian, terkait penanganan kasus maupun pelimpahan kasus.

Dan untuk pemda, pihaknya selalu mensosialisasikan agar serapan anggaran bisa berjalan dengan baik dan jauh dari tindak pidana korupsi.

"Ini biasanya kami lakukan sosialisasi baik pada BUMD Taput, dinas, dan sebagainya.tentunya ini bertujuan untuk pembangunan di wilayah Taput berjalan sesuai dengan yang diinginkan bersama," ujarnya.

Kini, tahun 2021 ini, Kejari Taput hadir lebih humanis dalam memberikan pelayanan dan penerangan hukum bagi semua lapisan masyarakat Taput.