Gandeng IAIN Ternate, AFTECH Gelar Seminar Nasional dan Pameran

aftech iain fintech Foto: (kanan) Ketua Pelaksana Seminar Nasional dan Pameran Fintech, Abdurahman Wahid.

Jakarta - Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH) bersama Perusahaan Fintech menggandeng Dewan Mahasiswa Insitut Agama Islam Negeri (IAIN) Ternate akan menyelenggarakan Seminar Nasional dan Pameran Fintech dalam rangka menjawab peluang dan tantangan perkembangan Industri Keuangan Finansial Teknologi Peer to Peer Landing di Indonesia di Aula Banau IAIN Ternate, Maluku Utara pada tanggal 27 Juli 2018.
 
“Kegiatan ini akan dihadiri sebanyak 500 peserta. Dari berbagai elemen mahasiswa, Dosen, UMKM, OKP, LSM, Masyarakat Umum, dan perusahan Fintech diantaranya PT. Digital Synergi Technology, PT. SimpleFi Teknologi Indonesia, PT. Indo Fintek, PT. Kas Wagon Indonesia, PT. Mekar Investama Sampoerna dan PT. Orientasi Mas Sejahtera,” kata Ketua Dewan Mahasiswa IAIN Ternate, Sahabat Zulkifli, melalui keterangannya, Kamis (26/7).
 
Dia menjelaskan perkembangan teknologi yang begitu cepat mendorong munculnya industri baru. Salah satunya financial technology atau Fintech, yang menggabungkan antara akses keuangan dengan bantuan teknologi dan digital.
 
“Fintech memberikan pilihan alternatif kepada sebagian segmen masyarakat yang tidak memiliki akses ke lembaga keuangan konvensional,” ujarnya.
 
Namun disisi lain sambungnya, masih ada segelintir masyarakat yang memahami dan sadar akan keberadaan Fintech.
 
“Untuk memberikan pemahaman lebih dekat dan lengkap kepada seluruh lapisan masyarakat,” tuturnya.
 
Seminar Nasional dan Pameran Fintech ini akan dibuka oleh Rektor IAIN Ternate Salman Hi Ahmad serta mengundang Walikota Ternate, Burhan Abdurahman serta Dinas Perinsdustrian dan Perdagangan.
 
“Seminar dan Pameran Fintech ini akan dilakasanakan selama satu hari dengan tema ‘Era Baru Industri Keuangan, Fintech Peer To Peer Lending, Arah Perkembangan Dan Tantangannya.’ Kegiatan ini sebagai bentuk partisipasi, kontribusi dan keterlibatan masyarakat dan perguruan tinggi tentang perkembangan Financial Technology di Indonesia sehingga perlunya suatu pemahaman bersama,” kata Ketua Pelaksana, Abdurahman Wahid.
 
Dalam kegiatan ini juga akan diselenggarakan peresmian Pojok Ekonomi Digital kampus dan pameran perusahaan fintech yang dikordinir oleh Asosiasi Fintech Indonesia untuk memperkenalkan Industri Fintech Lending kepada masyarakat di Kota Ternate.
 
“Khususnya untuk meningkatkan potensi pendanaan sektor produktif daerah,” tutup Abdurahman Wahid.

   
BACA JUGA :