Makan Sayuran dan 10 Buah Dapat Mencegah Kematian Dini

buah sayuran Foto: Buah dan sayuran.

Jakarta - Buah-buahan dan sayuran sangat baik untuk kesehatan manusia, selain mengandung vitamin, buah dan sayuran juga dapat mengurangi kemungkinan serangan jantung.

Dalam temuan terbaru peneliti dari Imperial College London, makan lima porsi buah dan sayuran sangat baik bagi tubuh manusia. Namun, makan 10 ternyata lebih baik lagi.

Mereka mengatakan asupan buah dan sayuran di atas lima kali menunjukkan manfaat besar dalam mengurangi kemungkinan serangan jantung, stroke, kanker, kematian dini, dan bisa mencegah kematian dini di seluruh dunia setiap tahun.

Penelitian baru yang dipimpin oleh ilmuwan menganalisa 95 studi tentang asupan buah dan sayur. Tim menemukan meskipun direkomendasikan lima porsi buah dan sayur dalam sehari mengurangi risiko penyakit, manfaat terbesar berasal dari makan 800 gram per hari, yang kira-kira 10 porsi.

"Hasil penelitian kami menunjukkan bahwa meskipun lima porsi buah dan sayuran yang baik, sepuluh malah lebih baik," kata Dr Dagfinn Aune, penulis utama penelitian dari School of Public Health di Imperial seperti dilansir laman Daily Mail.

Dalam penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Epidemiology, ternyata tim peneliti memperkirakan sekitar 7,8 juta kematian dini di seluruh dunia, dapat berpotensi di cegah setiap tahun jika orang makan 10 porsi atau 800 gram buah dan sayuran dalam sehari.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa asupan harian 200 gram dikaitkan dengan 16 persen penurunan risiko penyakit jantung, 18 persen penurunan risiko stroke, dan 13 persen penurunan risiko penyakit kardiovaskular.

Jumlah ini juga dikaitkan dengan 4 persen penurunan risiko kanker, dan 15 persen pengurangan risiko kematian dini.

   
BACA JUGA :