Gelar Silatnas II

Relawan Jokowi : Pancasila Rumah Kita, Tempat Kita Berlindung dan Tempat Kita Hidup

relawan jokowi m yamin Foto: Ketua Umum Seknas, M Yamin (pegang mic) dalam acara Silatnas II Relawan Pendukung Jokowi. (Daengpattiroi)

Jakarta - Relawan pendukung Presiden Jokowi kembali akan menggelar acara Silaturahmi Nasional (Silatnas) 2017.

Ini merupakan Silatnas kali ke dua yang akan diikuti 5000 peserta yang berasal dari 27 organisasi relawan dengan tema ‘Pancasila Rumah Kita’.

Panitia Silatnas yang juga Ketua Umum Sekretariat Nasional (Seknas), M Yamin, mengatakan tema tersebut diangkat dalam kerangka mempertahankan semangat Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Kita melihat Pak Jokowi terus menerus mencoba membumikan Pancasila. Pertama menetapkan hari Pancasila pada 1 Juni, kedua membentuk Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila,  ketiga menetapkan Perppu Ormas yang bertentangan dengan Pancasila. Dan bagi kita sebagai bangsa Indonesia yang merdeka pada 17 Agustus 1945, dasar negaranya Pancasila, UUD’45, kemudian kita percaya kebhinekaan dan bentuknya NKRI. Jadi 4 pilar pokok itu yang kita maksud dengan Rumah Pancasila. Pancasila sebagai tempat kita berlindung, tempat kita hidup dan tempat kita membangung kesejahteraan bangsa,” jelasnya dalam Konprensi Pers Silatnas II Relawan Pendukung Jokowi di Menteng, Jakarta, Kamis (20/7).

Dalam acara Silatnas II 2017 yang akan diselenggarakan dalam waktu dekat ini di Jakarta, Yamin mengatakan akan ada sesi diskusi yang memberikan masukan kepada pemerintahan Jokowi-JK.

“Salah satu bidang soal perbaikan situasi ekonomi dimana Pak Jokowi mencanangkan soal keadilan ekonomi, rekstrukturisasi aset, sertifikasi tanah dan bagaimana ekonomi yang berkeadilan,” tuturnya.

Konprensi Pers Silatnas II Relawan Pendukung Jokowi di Menteng, Jakarta, Kamis (20/7).

Yamin menjelaskan, tujuan utama dari Silatnas II kali ini selain bersilaturahmi di antara organ pendukung Jokowi-JK, juga konsolidasi untuk memperkuat dukungan terhadap kebijakan dan program pemerintah.

“Bentuk dukungan yang diberikan terhadap pemerintah Jokowi-JK adalah kerja-kerja pengorganisasian di masing-masing organ relawan dan mensinergikannya di antara organ relawan,” ujarnya.

Tujuannya sambung Yamin, untuk berkontribusi pada keberhasilan kebijakan dan program pemerintah yang dilakukan dalam bentuk menginformasikan keberhasilan pemerintah dan meluruskan informasi yang salah yang beredar di masyarakat.

Yamin juga mengatakan, selain mendukung pemerintahan Jokowi-JK, Relawan Pendukung Jokowi juga turut berperan aktif dalam berbagai kegiatan di masyarakat.

“Di beberapa tempat kita banyak melakukan kegiatan, mulai dari pembangunan jembatan Nawa Cita di Sukabumi, mendorong terbentuknya BUMN Desa yang bersinergi dengan beberapa BUMN, dan banyak hal lainnya yang telah kami lakukan,” tutupnya.