KISAH di Rutan Depok, Pembinaan Kreatif Warga Binaan

karutan rutan depok Foto: Pimpinan Pondok Pesantren at-Taubah Kota Depok, KH. Abu Bakar Madris. (doc.humasrudep)

Depok - Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Baiturrahman Rutan Kelas IIB Depok kembali menggelar acara Kajian Islam Ahad (KISAH) bersama Pimpinan Pondok Pesantren at-Taubah Kota Depok, KH. Abu Bakar Madris, Minggu (4/11) 
 
KISAH merupakan kegiatan tausyiah asik yang diselingi alunan musik islami ditutup dengan santap siang. Alunan musik persembahan Santri Bersahabat yang tergabung dalam Tim Musik Islami Baiturrahman "The Dhomier". 
 
Dalam tausyiah tersebut, KH. Abu Bakar Madris bercerita seputar Sejarah Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW mengingat sudah dekatnya bulan Rabi'ul Awwal, yaitu bulan dimana Rasulullah SAW dilahirkan.
 
KH. Abu Bakar Madris memaparkan materi dengan gayanya yang khas serius tapi santai, terkadang diselingi humor segar yang membuat para jama'ah tertawa.
 
“Kegiatan KISAH adalah kajian kitab dengan narasumber asatidz Kota Depok. KISAH ini juga merupakan kegiatan yang didokumentasi dalam bentuk live streaming Istagram dan Youtube. Jadi arahnya untuk keluarga jama'ah warga binaan yang bisa mengakses kegiatan pembinaan lewat jalur internet. Makanya dalam KISAH kami tidak mengundang jama'ah dari 3 blok hunian yang ada di Rutan ini, tapi cukup untuk para Tutor Keladu dan Pengurus DKM,” kata Ketua DKM Baiturrahman, Ustad Muhamad Salabi.
 
Dia menjelaskan, saat ini KISAH sudah memasuki episode ke-5 dan diharapkan dapat lebih banyak lagi bisa mengundang asatidz dengan beragam tema kajian kitab yang sangat dibutuhakan masyarakat luas.
 
“Khususnya keluarga warga binaan yang mengalami musibah anak, suami, saudara, sementara warga binaan harus mendekam di Rutan Depok ini,” tuturnya.
 
Tim Musik Islami Baiturrahman "The Dhomier".
 
Program pembinaan keagamaan di Rutan Depok ini juga sangat di dukung oleh Kepala Rutan Kelas IIB Depok, Bawono Ika Sutomo.
 
Melalui Kasubsi Pelayanan Tahanan Rutan Kelas IIB Depok, Boy Guntur Sagara kegiatan pembinaan keislaman di Masjid Baiturrahman akan terus ditingkatkan dengan mengundang ustad berkaliber nasional, seperti mengundang KH. Arifin Ilham dalam acara "Rutan Depok Berdzikir" pada 15 Oktober yang lalu.
 
“Mudah-mudahan kedepan bisa menghadirkan Ustad Reza M. Syarief dalam menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW,” kata Boy.
 
Sementara itu, Pembina DKM Baiturrahman Bambang Punto mengatakan, Rutan Depok dengan jumlah warga binaan yang berjumlah mendekati 1500 orang harus memiliki beragam kegiatan pembinaan kreatif, yang sesuai dengan lingkungan warga binaan.
 
“Pembinaan keagamaan melalui jalur religiusitas paling efektif, mengena, untuk mengubah tabiat dengan memperbanyak ibadah, dakwah dan syiar bagi warga binaan,” ujar Bambang Punto yang juga menjabat Kasubsi Pengelolaan Rutan Kelas IIB Depok.