Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo

GT Cikabar Ditutup Sementara Untuk Mencegah Crossing Kendaraan

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo Foto: Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo (istimewa)

Jakarta-Video viral di Media Sosial yang menampakan protes pengguna jalan di kilometer 31 langsung direspon Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo. Ia mengatakan, Gerbang Tol Cikarang Barat sempat ditutup sementara untuk menghindari kecelakaan.

“Saya juga mau jelaskan video yang viral tadi pagi, kejadiannya adalah protes para bus angkutan karyawan, yang protes adanya tutup gerbang tol Cikarang Barat dari arah Cikampek,” kata Kombes Sambodo Purnomo Yogo. 

Penutupan gerbang tol Cikarang Barat itu untuk mencegah crossing kendaraan yang dikeluarkan dari jalan tol. “Kan keluar dari sini lewat jalan tol, nah itu crossing dengan yang keluar yang dari Cikampek, supaya tidak ada kecelakaan maka GT Cikabar kita tutup,” jelasnya. 

Pihaknya lanjut Sambodo telah menyarankan pengguna Tol Cikarang Barat untuk menggunakan gerbang tol selanjutnya. Namun, permintaan tersebut ditolak sehingga terjadi situasi seperti yang tergambar dalam video viral.
“Bus karyawan ini nggak mau menggunakan gerbang tol selanjutnya, maunya di sini. Akhirnya kami buka tutup, sebentar saja kejadiaannya dan sudah normal kembali,” ujarnya.

Sebelumnya viral di media sosial, video yang menggambarkan protes di ruas tol kilometer 31 Jakarta-Cikampek. Di saat yang bersamaan, muncul juga tayangan video yang menggambarkan pegawai protes di ruas tol. Tetapi belakangan, video protes pegawai yang beredar bukanlah terkait situasi penanganan peniadaan mudik 2021. Video tersebut, adalah saat pekerja akan melakukan aksi unjuk rasa menyampaikan pendapatnya ke Jakarta.