Sea Games 2017

Indonesia Kirim 616 Atlet ke Kuala Lumpur

Koordinator Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani Menteri Pemuda dan Olah Raga Imam Nahrowi Ketua Komite Olimpiade Indonesia Erick Thohir Foto: kiri ke kanan : Menteri Koordinator PMK, Puan Maharani; Menpora, Imam Nahrowi; dan KOI, Erick Thohir (Daeng Pattiroy)

Jakarta - Sebanyak 616 atlet akan bergabung dalam kontingen Indonesia di Sea Games 29, di Kuala Lumpur, Malaysia 2017.  Keputusan ini diambil setelah rapat kooordinasi antara Menteri Koordinator Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani bersama Menteri Pemuda dan Olah Raga, Imam Nahrowi; Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Erick Thohir; Ketua KONI Tono Suratman; Ketua Satlak Prima Achmad Sutjipto; dan Chief de Mission Kontingen SEA Games Indonesia Aziz Syamsuddin di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Jumat (14/7).

Menteri Puan Maharani berharap peringkat Indonesia di multievent tersebut dapat ditingkatkan. "Total atlet yang akan berangkat adalah 616 atlet, plus 183 ofisial," kata Puan setelah memimpin rapat koordinasi tingkat menteri untuk persiapan SEA Games di Jakarta.

Puan mengatakan jumlah tersebut terdiri atas 530 atlet plus 167 ofisial, ditambah 86 atlet dan 16 ofisial, yang dikirim pengurus besar (PB) cabang olahraganya sendiri. Kontingen Indonesia nantinya akan dikoordinasikan oleh Chief de Mission SEA Games 2017 Aziz Syamsuddin, yang juga menjabat anggota Komisi III DPR.

Nantinya, Aziz akan membawa 55 anggota tim pelaksanaan Sea Games 2017. Menurut Puan, SEA Games 2017 di Kuala Lumpur yang akan berlangsung pada 19-30 Agustus 2017, sangat penting bagi Indonesia. Hal ini terkait dengan persiapan Indonesia menjadi tuan rumah ASIAN Games 2018, yang akan digelar di Jakarta dan Palembang. "Ini sebagai sasaran dalam meraih sukses prestasi dalam ASIAN Games 2018," kata Puan.


Presiden Jokowi menyalami kontingen Sea Games Singapura pada 2015
Karena itu, Puan berharap, peringkat Indonesia di SEA Games 2017 meningkat dibanding dua tahun lalu di Singapura. Pada SEA Games 28 di Singapura 2015, Indonesia meraih posisi ke-5 dengan perolehan 47 medali emas, 61 perak, dan 74 perunggu.

"Tentu saja di Kuala Lumpur kami berharap kontingen Indonesia akan bisa mendapatkan medali emas lebih banyak daripada SEA Games beberapa tahun lalu," imbuhnya.

Ia menyebutkan beberapa hal yang masih akan dikoordinasikan. Di antaranya, mengenai pemberangkatan atlet dan tempat penginapan. Menurut Puan, saat ini CDM Aziz sudah meninjau 13 lokasi yang akan menjadi tempat menginap kontingen Indonesia saat SEA Games nanti. "Insya Allah Indonesia akan bisa menaikkan peringkatnya pada Sea Games ini," kata Puan.