Warga Binaan Rutan Depok Rutin Yasinan di Malam Jumat

rutan depok Foto: Pembacaan yasin dilakukan setelah sholat Maghrib berjamaah. (doc.humasrudep)

Depok - Waktu sudah hampir menjelang Maghrib, tapi suasana di Masjid Baiturrahman, Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Depok, terlihat ramai, suara lantunan shalawat Nabi Muhammad SAW terdengar jelas.
 
Saat itu, Kamis (8/9), sekitar 400 warga binaan Rutan Depok dari tiga blok hunian, yaitu Blok A, B dan C terlihat memenuhi semua sudut ruangan yang ada di Masjid Baiturrahman.
 
“Kamis malam atau malam Jumat ini, bertepatan dengan 1 Rabi'ul Awal 1440 H, Masjid Baiturrahman mengadakan kegiatan yasin dan tahlil. Dan kegiatan ini rutin dilakukan setiap malam Jumat yang diikuti jamaah warga binaan disini,” kata Ketua DKM Baiturrahman, Ustad Muhamad Salabi.
 
Dia menceritakan, kegiatan dimulai saat jamaah dikeluarkan dari kamar hunian pukul 17.30.
 
 
Acara diawali dengan penampilan Tim Marawis dan Hadroh DKM Baiturrahman yang membawakan shalawat Nabi Muhammad SAW sambil menunggu azan Magrib berkumandang.
 
“Pengurus DKM Baiturrahman, para tutor, santri bersahabat, jamaaah warga binaan yang melaksanakan shaum sunnah Kamis disediakan tazil untuk berbuka puasa (ifthor jama'i) berupa teh manis dan gorengan. Kegiatan buka puasa yang secara rutin diadakan setiap Kamis diikuti lebih dari 100 jamaah yang berpuasa,” kata Ustad Muhamad Salabi. 
 
Untuk kegiatan ifthor jama'i, mengandalkan donasi dari jama'ah sendiri.
 
“Kami sangat terbuka bagi pihak donatur yang ingin menyediakan ta'zil untuk berbuka puasa maupun acara yasinan. Insya Allah infaq atau shadaqoh yang diberikan akan mendapat balasan amaliyah seperti orang yang sedang berpuasa,” tutur Ustad Muhamad Salabi.
 
Setelah sholat Maghrib berjamaah, kegiatan dilanjutkan dengan pembacaan yasin dan tahlil yang dibuka Ketua DKM dan secara bergantian pembacaan yasin dipimpin dari pengurus DKM, Pengurus Mushola Barak, Tim Tutor Kelompok Belajar Terpadu (Keladu).
 
 
Acara seperti ini, sangat langka dan jarang dilaksanakan di mushola dan masjid di lingkungan masyarakat pada malam Jumat. Hanya masjid tertentu dengan pengelolaan DKM maksimal yang memasukan program ifthor jama'i dan yasinan pada program rutinnya.
 
“Alhamdulillah, Masjid Baiturrahman semenjak Karutan Sohibur Rachman sampai dengan Karutan Bawono Ika Sutomo menjadikan kegiatan yasin dan tahlil menjadi bagian pembinaan warga binaan. Dengan jalan seperti ini masjid menjadi makmur karena dipenuhi jamaah yang dengan ikhlas berdoa memohon ampunan pada Allah Taa'la dan menjalankan sunnah kekasih-Nya,” kata Pembina DKM Baiturrahman, Bambang Punto. 
 
Hal senada juga disampaikan Kasubsi Pelayanan Tahanan Rutan Kelas IIB Depok, Boy Guntur Sagara. Ia mengutarakan bahwa rangkaian kegiatan yasin dan tahlil, yang diawali dengan buka puasa bersama menjadi program unggulan pembinaan di Rutan Depok.
 
“Selain program lainnya, seperti Kelompok Belajar Terpadu (Keladu) satu program pemberantasan buta huruf Al Qur'an, Tausyiah dan Istighosah dari Ponpes at-Taubah,” ujarnya.
 
Acara yasinan malam Jumat ditutup dengan sholat Isya berjamaah dan untuk selanjutnya jamaah warga binaan kembali ke blok hunian A, B, C untuk melaksanakan apel malam.