Tahun 2018, Elnusa Petrofin Bukukan Pendapatan Rp 3,89 Triliun

Haris Syahrudin,Direktur Utama EPN Foto: Pemaparan oleh Haris Syahrudin, Direktur Utama EPN

Jakarta-PT Elnusa Petrofin (EPN) mencatat kinerja positif hingga tahun 2018. Perusahaan mencatat pendapatan sebesar Rp 3,892 triliun yang ditopang dari bidang jasa logistik dan distribusi BBM.

Haris Syahrudin, Direktur Utama EPN menyampaikan perkembangan EPN dalam mendistribusikan BBM sangat terasa sejak 2008. Saat itu, perusahaan hanya memiliki Fleet Management sebanyak 9 TBBM (Terminal Bahan Bakar Minyak) dan 5 Depo VHS (Vendor Held Stock).

Namun, tahun 2018 ternyata lompatan EPN sudah jauh, hingga EPN memiliki Fleet Management sebanyak 43 TBBM, 18 Depo VHS, 10 Depo Franco, 5 DPPU Aviasi, dan 1 Depot LPG yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

“Peningkatan yang pesat juga terlihat dari jumlah revenue perusahaan yang pada 2008 sebesar Rp 580 miliar, dan pada 2018 tercatat Rp 3,892 Triliun dengan Compound Annual Growth sebesar 21%,” ujarnya ketika memberikan sambutan pada acara penutupan HUT ke-23 EPN di Ruang Udaya, Graha Elnusa, Jakarta (9/7).

Puncak perayaan yang bertajuk “Transfomasi HEBAT untuk Melompat Lebih Tinggi” ini ditandai dengan penggiringan bola oleh Haris; Nur Kholis, Direktur Operasional dan Marketing; dan Aditya Dewobroto, Direktur Keuangan Administrasi.
Menurut Haris, perjalanan dan perkembangan EPN selama 10 tahun terakhir senantiasa mengalami peningkatan.

“Layaknya seseorang, usia 23 tahun merupakan usia yang masih cukup muda. Jiwa produktif dan semangat membara pun ada di semua jajaran direksi dan karyawan, dimana kami masih berkeinginan untuk melompat lebih tinggi. Kami menyadari, Alhamdulillah EPN mengalami banyak lompataan dalam 10 tahun terakhir ini. Hal ini pun berkat partisipasi dari berbagai pihak,” katanya.

Ucapan selamat pun datang dari Elizar P. Hasibuan, Direktur Utama PT Elnusa Tbk, holding EPN. Ia menyampaikan, kontribusi EPN sebagai anak perusahaan telah memberikan sumbangsih Sumber Daya Manusia (SDM) tidak hanya untuk kepentingan PT Elnusa dan Pertamina Group, tetapi untuk kepentingan bangsa dan negara. Menjadi lebih responsif, adaptif, dan inovatif juga di tekankan kepada seluruh jajaran direksi dan karyawan EPN.

Pada perayaan HUT ke-23, ini juga menghadirkan motivator Merry Riana yang berbagi berbagai kisah inspiratif. Kemudian, puluhan anak yatim piatu dari daerah TBBM Semper juga melengkapi kemeriahaan perayaan HUT EPN ini.

Diketahui, EPN terbentuk di Jakarta pada 5 Juli 1996. EPN adalah anak perusahaan dari PT. Elnusa Tbk (Perusahaan Terbuka sejak 2008), dimana PT. Elnusa Tbk sendiri merupakan Anak Perusahaan PT. Pertamina (Persero).

Perusahaan bergerak di bidang jasa logistik dan distribusi BBM , terutama jasa transportasi BBM, jasa pengelolaan depo BBM, penjualan BBM industri dan marine, Trading Chemical, trading pelumas serta Asphal dan ritel bahan bakar (SPBU&SPBE).

EPN menjadi salah satu ujung tombak Pertamina untuk menyalurkan BBM PSO (public service obligation) dan BBM satu harga ke seluruh penjuru nusantara.