Meningkatkan Kapasitas Nasional Dalam Sains Dan Teknologi

Saswinadi Sasmoyo Guru Besar Teknik Kimia ITB Foto: Saswinadi Sasmoyo Guru Besar Teknik Kimia ITB saat menjadi pembicara di acara Jeans, Book & Coffee yang ke 2 di Levis outlet store Pancoran

Jakarta-Dalam rangka meningkatkan literasi masyarakat, Komunitas alumni ITB pecinta buku dalam misinya shaping the future of the nations, mengadakan acara Jeans, Book & Coffee yang ke 2 di Levis outlet store Pancoran. 

Dalam kesempatan itu, menampilkan pembicara dan penulis Saswinadi Sasmoyo Guru Besar Teknik Kimia ITB purna bakti yang membahas karya bukunya yang berjudul ‘Pengindustrian Intelijensi’.  

Saswinadi, mengungkapkan, buku karyanya ini menjelaskan upaya-upaya untuk meningkatkan kapasitas nasional dalam sains dan teknologi, serta upaya-upaya meningkatkan berfungsinya sains dan teknologi di dalam tata kehidupan bermasyarakat.

“Melalui kedua upaya tersebut, diharapkan dapat terhimpun khazanah ilmu dan kemampuan berteknologi serta berindustri. Yang pada akhirnya membawa masyarakat Indonesia lebih mampu mewujudkan kemerdekaan berbangsa dan bernegara,” tutur Saswinadi Minggu (24/8/2019).

Dikatakan Saswinadi, fakta selama ini menunjukkan bahwa bangsa-bangsa yang kuat kemudian memiliki pengaruh besar di dunia, pada umumnya adalah mereka yang mencurahkan upaya-upaya dan daya pikirnya kepada penguasaan pengetahuankhususnya sains dan teknologi sekaligus unggul di dalam memfungsikan sains dan teknologi tersebut.

“Pemetaan sejumlah potensi yang dimiliki Indonesia, serta tantangan yang masih harus dihadapi negara kepulauan ini, membawa kesimpulan tentang pentingnya menjadikan pengindustrian inteligensi sebagai proses panjang pendayagunaan inteligensi potensi insani dalam pencarian solusi teknologi yang dapat dimanfaatkan secara komersial dan dipertanggungjawabkan secara sosial, sebagai landasan utama mencapai cita-cita tersebut,” tutupnya.