Pilkada 2017

Menteri Tjahjo : Suasana Pilkada Serentak Berlangsung Kondusif, Tidak Ada Serangan Fajar

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo pilkada serangan fajar Foto: Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo

Jakarta - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo usai menggunakan hak pilihnya dalam pelaksanaan Pilkada DKI 2017 memaparkan, sampai pagi hari ini suasana Pilkada serentak di 101 daerah di Indonesia berlangsung masih kondusif.
 
"Terakhir hasil pantauan, 02.30 WIB dari monitor tim kami di Kemendagri, melalui tim kami yang sudah terjunkan di‎ 101 daerah, pada prinsipnya semua tidak ada masalah," kata Tjahjo di Widya Chandra, Jakarta, Rabu (15/2/2017).
 
Bahkan hingga pagi hari ini, tidak ada laporan bahwa ada politik uang yang dilakukan pada pagi hari. "Serangan fajar tadi pagi, kami buka group WA, itu tidak ada," tegasnya.
 
Meski demikian diakuinya beberapa hari lalu ada beberapa daerah yang paslonnya diduga melakukan politik uang. Untuk itu Tjahjo meminta kepada yang berwenang untuk memproses secara hukum.
 
Tjahjo menilai undang-undang sangat ketat. Hal itu dilihat dari sanksi yang diberikan jika terbukti melakukan politik uang, tidak hanya pemberi uang melainkan penerima uang juga akan diproses hukum.